Beranda Uncategorized Si pengirim Petisi Blusukan Asap Jokowi Dari Riau #blusukanasap

Si pengirim Petisi Blusukan Asap Jokowi Dari Riau #blusukanasap

137
0
Abdul Manan (tengah) bersama Camat Tebing Tinggi Timur dan Masyarakat melakukan pemadaman. Foto: Iin Helfandi

Bencana asap yang terjadi di Riau pertengahan tahun 2014 menyebabkan kesengsaraan bagi masyarakat Riau khususnya masyarakat Desa Sungai Tohor kecamatan Tebing Tinggi Timur kabupaten Kepulauan Meranti.  Kebakaran yang diakibatkan Kelalaian PT. National Sago Prima (NSP) Luas kebakaran di areal konsesi HTI Sagu PT. NSP mencapai 1000 Ha lebih. Kebakaran di areal PT. NSP ini merupakan kebakaran terbesar sepanjang sejarah PT. NSP. Kebakaran ini pertama kali terjadi di titik K.26 areal konsesi HTI Sagu PT. NSP yang berada di Dusun Kampung Baru Desa Kepau Baru Kecamatan Tebing Tinggi Timur Kabupaten Kepulauan Meranti. Selain melahap areal konsesi PT. NSP, api dari areal ini menyebar ke perkebunan sagu masyarakat. Berdasarkan investigasi WALHI Riau, kebakaran di kebun masyarakat mengakibatkan masyarakat terancam kehilangan nafkah hidup selama 10 tahun ke depan.

Abdul Manan yang biasa dipanggil Cik Manan menyadari bagaimana dahsyatnya api yang membakar perkebunan masyarakat dan lahan gambut yang berada dibawahnya. Pentingnya menjaga keberlangsungan daerah gambut dalam agar tidak terjadi lagi kebakaran yang mengakibatkan kesengsaraan masyarakat, beliau menulis petisi blusukan Presiden Jokowi untuk melihat langsung akibat kelalaian perusahaan. Petisi ini mendapat banyak dukungan untuk mengajak Presiden Jokowi blusukan ke Desa Sungan Tohor melihat lokasi gambut dalam yang terbakar karena ulah perusahaan.

Abdul Manan (dua dari kanan) bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Foto: Lin Helfandi

Selasa tanggal 18 November 2014 Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar  melakukan peninjauan ke Provinsi Riau untuk melihat kesiapan daerah menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Menteri LH dan Kehutanan RI ini menggunakan heli dari Lanud Pekanbaru menuju Kabupaten Meranti, Riau. Ini untuk melihat lahan yang pernah terbakar. Di sana, PT NSP perusahaan bidang tanaman sagu telah ditetapkan Polda Riau sebagai tersangka kasus kebakaran lahan. Kedatangan Menteri LHK ini juga untuk menemui Cik Manan sipembuat petisi blusukan asap jokowi.

Artikel SebelumnyaMengajak Pak Jokowi Blusukan ke Riau #blusukanasap
Artikel SelanjutnyaHarapan Baru Untuk Riau

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini