Beranda Siaran Pers Harapan Baru Untuk Riau

Harapan Baru Untuk Riau

34
0

Teman-temanku, betul-betul saya tidak sangka ketika mulai petisi ini persis sebulan yang lalu, bahwa saya akan dapat dukungan hampir 28.000, salah satunya dari Kamu. Bahwa banyak liputan di media, didengarnya suara kami ini oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan akhirnya datangnya Pak Jokowi ke desa sederhana kami ini di Sungai Tohor.

Saya terharu dengan dukungan teman-teman semua. Terima kasih dari hati yang paling dalam, dan selamat kepada kita semua!

Ada juga yang tanya, “buat apa undang Jokowi blusukan asap? apa ada pengaruhnya?”. Kedatangan Pak Jokowi kemarin membuat membuat saya semakin yakin.

Ia turun langsung ke kanal, ikut menyekatnya supaya air gambut tidak kering. Ia melihat bagaimana kanal-kanal yang dibangun mempermudah kebakaran terjadi. Ia juga melihat bagaimana perkebunan sagu rakyat mensejahterakan warga setempat.

Ini pernyataan yang ia sampaikan dan terekam pada video teman-teman Koalisi #BlusukanAsap di atas:

“Dengan menyekat kanal, lahan gambut akan basah sehingga tidak akan mudah terbakar atau dibakar. …sekat kanal harus dipermanenkan. …yang paling baik memang diberikan ke masyarakat untuk diolah menjadi lahan sagu. Lahan yang dikelola masyarakat biasanya ramah terhadap ekosistem”

Soal izin perusahaan yang merusak lingkungan, ini yang dikutip Tempo*:

“Saya sudah minta Kementerian Kehutanan terus cek di lapangan. Jika merusak ekosistem, langsung saja diputus,”

Ketegasan inilah yang kita nanti-nanti selama ini. Semoga diikuti dengan tindakan nyata.

 

Saya ingin berterima-kasih kepada teman-teman di koalisi yang besar jasanya dalam membantu kami dalam kampanye ini. Mereka adalah Walhi, Greenpeace Indonesia, Yayasan Perspektif Baru, dan orang-orang seperti DR Haris Gunawan selaku ahli gambut, Bu Suzy Hutomo dan Bu Butet Manurung yang ikut menyebarkan petisi.

Saya ingin juga ajak teman untuk beri apresiasi pada pak Jokowi dan Bu Siti Nurbaya melalui Twitter @jokowi_do2 dan @bravonur, dan ingatkan terus mereka atas janji-janji yang telah disampaikan.

Malam tadi kami tidur nyenyak, mengetahui bahwa ini kemenangan pertama dari upaya penyelesaian kebakaran hutan di Riau. Kita terus bersuara ya, hingga ada kemenangan-kemenangan berikutnya.

Salam saya dan keluarga dari Sungai Tohor,

 

Abdul Manan

Penggalan ungkapan kegembiraan Abdul Manan yang mewakili masyarakat Desa Sungai Tohor dan Masyarakat Riau dengan blusukan Presiden Jokowi untuk menuntaskan akar permasalahan penyebab kebakaran hutan dan lahan yang mengakibatkan bencana asap di Riau setiap tahunnya. 

Sumber : 

www.change.org

http://www.tempo.co/read/news/2014/11/27/078624879/Jokowi-Tinjau-Izin-HTI-Bermasah-di-Riauhttp://nationalgeographic.co.id/berita/2014/11/presiden-jokowi-jawab-permintaan-blusukan-asap-ke-riau/1

 

Artikel SebelumnyaSi pengirim Petisi Blusukan Asap Jokowi Dari Riau #blusukanasap
Artikel SelanjutnyaWALHI RIAU Mendukung Perjuangan 21 Pejuang Untuk Mendapatkan Keadilan #savepungkat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini