Beranda Energi Seminar dan Deklarasi Anak Muda Riau Lawan Krisis Iklim

Seminar dan Deklarasi Anak Muda Riau Lawan Krisis Iklim

0

Siaran Pers

Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Riau

Seminar dan Deklarasi Anak Muda Riau Lawan Krisis Iklim

 Pekanbaru, 9 Desember 2021— WALHI Riau bersama WANAPALHI STMIK Amik Riau dan Mapala Suluh FKIP Universitas Riau melangsungkan Seminar “Keadilan Iklim Untuk Generasi Muda dan Masa Depan.” Kegiatan ini dilangsungkan pada Senin, 6 Desember 2021 di Gedung YKR STMIK Amik Riau. Seminar ini dilakukan untuk membumikan dan mengarusutamakan isu perubahan iklim, keadilan iklim dan perjuangan iklim untuk kelompok muda di Riau.  Ada empat narasumber yang mengisi seminar yang dilangsungkan dalam dua sesi.

Even Semibiring, Direktur Eksekutif WALHI Riau mengatakan anak muda merupakan kelompok yang paling dirugikan dari dampak perubahan iklim. Berbagai kebijakan pembangunan yang menyebabkan kerusakan lingkungan tidak pernah melibatkan anak muda dalam proses pengambilan keputusan. Hal ini tidak adil, sehingga anak muda harus sadar akan haknya untuk mendapatkan apa yang disebut keadilan antar generasi.

“Seminar ini hendak mengantarkan anak muda untuk mendapatkan hak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat. Keadilan antar generasi hanya dapat diwujudkan, apabila anak muda sadar dan menuntut negara untuk memenuhi hak tersebut. Dalam konteks perubahan iklim, anak muda juga harus sadar posisinya sebagai manusia merupakan entitas penting yang mewakili kepentingan satwa, tumbuhan dan ekosistem lainnya,” tambah Even Semibiring.

Sesi pertama dalam seminar ini diisi dua narasumber, Abdul Ghofar Manajer Kampanye Transisi Kota Berkeadilan WALHI menyampaikan materi Mengenal Perubahan Iklim; dan Even Sembiring menyampaikan materi Keadilan Ekologis dan Tiga Subjek Hukum Ekologis. Sesi ini dimoderasi oleh Sri Depi Surya Azizah, Ketua Umum WANAPALHI STMIK Amik Riau.

Sesi kedua seminar diisi oleh Yuyun Harmono, Manajer Perubahan Iklim dan Isu Global WALHI dengan materi Gerakan dan Perjuangan Keadilan Iklim; dan Ramlan, Kepala Stasiun Meteorologi Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru (BMKG) Riau dengan materi Bencana Hidrometerologi dan Perubahan Iklim di Riau.

“Seminar diikuti lebih dari 100 orang peserta, dari berbagai mahasiswa pencinta alam, lembaga anggota WALHI Riau dan organisasi masyarakat sipil lainnya. Unsur pimpinan STMIK Amik Riau memberi apresiasi atas pelaksanaan seminar ini. Selain itu, para peserta juga antusias dan berpartisipasi aktif dalam dua sesi yang dilangsungkan,” sebut Sri Depi Surya Azizah.

Narahubung: Rio Susanto (082172740475)

 

Detail paparan masing-masing narasumber dapat diunduh di link berikut:

  1. Mengenal Perubahan Iklim (Klik untuk mengunduh)
  2. Keadilan Ekologis dan 3 Subjek Hukum (Klik untuk mengunduh)
  3. Bencana Hidrometerologi dan Perubahan Iklim di Riau (Klik untuk mengunduh)
  4. Gerakan dan Perjuangan Keadilan Iklim (Klik untuk mengunduh)

 

 

 

 

 

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Exit mobile version