WALHI RIAU
Tentang Kami

Tentang Kami

Sejarah WALHI Riau

WALHI Riau kembali berdiri pada Februari 2003, atas prakarsa 8 Organisasi non-pemerintah (Ornop) yang bergerak dalam bidang advokasi lingkungan hidup. Sebelumnya, WALHI Riau merupakan bagian dari Forum Sumatera di Riau kala itu, dan hanya dibentuk oleh Kelompok Kerja Daerah (KKD) untuk menangani persoalan-persoalan lingkungan hidup.

Berdasarkan hasil Pertemuan Daerah Lingkungan Hidup (PDLH) II WALHI Riau pada tanggal 22-23 Januari 2006 lalu, maka WALHI Riau bervisi:

Terwujudnya kedaulatan rakyat atas sumber-sumber kehidupan yang dikelola secara adil dan lestari dengan mensinergiskan berbagai elemen yang ada di Riau.

Adapun Misi WALHI Riau, adalah:

membangun organisasi yang akuntabel, kreatif, popular, professional yang didukung strategi dan infrastruktur yang kuat, mandiri dan berbasis massa yang sadar dan aktif.
menjadikan WALHI Riau sebagai pusat informasi dan data lingkungan hidup di Riau
membangun citra gerakan Walhi Riau yang didukung publik, organisasi kader serta
mempelopori gerakan lingkungan hidup yang massif
mendesakkan kebijakan pengelolaan lingkungan hidup dan sumber-sumber kehidupan yang adil dan berkelanjutan di Riau
membangun organisasi rakyat yang kritis, sadar, aktif dan mandiri.
Sebagai wahana bersama Organisasi Non Pemerintah (Ornop), WALHI Riau senantiasa berupaya mendorong semua pihak untuk mendasarkan orientasi gerakannya pada nilai-nilai : demokrasi, keadilan antar generasi, keadilan gender, kesetaraan spesies, persamaan hak masyarakat adat, solidaritas, anti kekerasan, etika kerja non partisan, keterbukaan, keswadayaan dan profesionalisme.

WALHI Riau juga akan terus berusaha memainkan peran optimal mendorong transformasi sosial bagi pemantapan upaya pengelolaan SDA dan pemanfaatan secara lestari sumber-sumber kehidupan serta perlindungan hak-hak asasi manusia dalam suatu tatanan kehidupan yang berkeadilan, demokratis dan lestari.

Dalam mewujudkan cita-cita tersebut, maka saat ini WALHI Riau telah menyusun berbagai perencanaan kegiatan yang dibagi dalam perencanaan tiap tahunnya, yang telah disusun bersama dalam rapat anggota dan tertuang dalam Kerangka Logis Program (KLOP).

Keorganisasian
Kepengurusan dalam Organisasi WALHI Riau terdiri dari Badan Legislatif dan Badan Eksekutif.

 

Ikuti Kami

Dukung kami melalui media sosial untuk kebaikan lingkungan hidup.