Pasca Pertemuan Daerah Lingkungan Hidup Kelima, Riko Kurniawan Kembali Pimpin Eksekutif Daerah WALHI Riau

upload

Wahana Lingkungan Hidup Indonesia Eksekutif Daerah Riau yang disingkat menjadi ED WALHI Riau resmi dipimpin kembali oleh Riko Kurniawan yang juga menjabat sebagai Direktur Eksekutif Daerah WALHI Riau pada periode sebelumnya (2013-2017). Melalui Pertemuan Daerah Lingkungan Hidup kelima (PDLH-V) yang diadakan empat tahun sekali dan kali ini diadakan di Hotel Labersa, Kabupaten Kampar pada hari Sabtu 13 Mei 2017. Riko Kurniawan menjadi calon tunggal setelah lembaga anggota WALHI Riau mencapai kesepakatan. Pertemuan Daerah Lingkungan Hidup yang diadakan kemarin dihadiri oleh pimpinan setiap lembaga anggota yakni LBH Pekanbaru, Perkumpulan Elang, RWWG, Kaliptra, KBH, LKHD, Sialang, LABHR, LALH, KAR, AIR, dan Wanapalhi. Selain itu, PDLH-V Eksekutif Daerah WALHI Riau juga dihadiri oleh Nur Hidayati selaku direktur WALHI Eksekutif Nasional.

Mekanisme pemilihan direktur WALHI sendiri diatur dalam statuta WALHI yang menyatakan bahwa pimpinan WALHI disetiap daerah dipilih oleh lembaga anggotanya dan pada saat PDLH-V di Riau berlangsung, setiap lembaga anggota WALHI Riau bersepakat untuk kembali mempercayakan tampuk kepemimpinan kepada Riko Kurniawan. Direktur Lembaga Advokasi Lingkungan Hidup sekaligus demisoner Dewan Daerah WALHI Riau periode 2013-2017, Indra Jaya mengatakan bahwa sejauh ini dalam menjalankan tugas dan kewenangan direktur, Riko Kurniawan sangat memegang teguh statuta WALHI dan mengkedepankan kepentingan masyarakat Riau khususnya. Salah satu capaian besar Riko pada periode sebelumnya cukup membanggakan dan membawa harapan baru terhadap gerakan perjuangan masyarakat Riau dalam memperoleh kembali hak wilayah kelola rakyatnya. “Selama masa kepemimpinan beliau, tiga izin perusahaan raksasa di cabut izinnya. Salah satu perusahaan tersebut adalah PT Lestari Unggul Makmur yang berujung kepada penyerahan SK Hutan Desa oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di tujuh desa Kecamatan Tebing Tinggi Timur Kabupaten Meranti” ujar Indra.

Direktur Eksekutif WALHI Nasional, Nur Hidayati yang juga menghadiri PDLH ke-V memberikan ucapan selamat atas keberhasilan WALHI Riau dan atas kembali terpilihnya Riko Kurniawan sebagai Direktur. “WALHI Riau merupakan salah satu dari sebagian kecil WALHI daerah yang berhasil dalam menjalankan tugas dan fungsinya serta membantu masyarakat untuk kembali memperoleh hak akses dan kepemilikan atas tanahnya. Riko Kurniawan salah satu pemimpin WALHI daerah yang berhasil mewujudkan hal tersebut. Semoga dengan kembali terpilihnya Riko, WALHI Riau dapat lebih baik lagi dalam hal membantu masyarakat Riau terkait dengan persoalan-persoalan lingkungan hidup” tambahnya. Selain agenda pemilihan direktur Eksekutif Daerah WALHI Riau periode selanjutnya, PDLH-V juga melakukan pemilihan Dewan Daerah WALHI Riau untuk periode 2017-2021. Adapun Dewan Daerah yang terpilih untuk periode tersebut yakni Sri Wahyuni, Suryadi, Aditia Bagus Santoso, Al Badri dan Susanto.

Ungkapan terima kasih dan selamat terus mengalir dari berbagai pihak atas kembali terpilihnya Riko Kurniawan serta pergantian Dewan Daerah WALHI Riau. Salah satunya Fandi Rahman staff WALHI Riau periode 2013-2017 juga mengucapkan rasa terima kasih dan ungkapan selamat kepada Riko Kurniawan yang telah memberikannya kesempatan untuk bergabung dalam gerakan yang memperjuangkan kepentingan masyarakat Riau, khususnya dalam persoalan lingkungan hidup. “Saya selaku staff WALHI Riau periode 2013-2017 mengucapkan banyak terima kasih kepada WALHI Riau khususnya bang Riko selaku direktur periode tersebut, karena telah memberikan kesempatan untuk bergabung dalam pergerakan ini. Semoga dengan kembali terpilihnya beliau dapat menggerakkan WALHI Riau kearah pergerakan dan perjuangan yang lebih progresif terkait dengan hak-hak atas lingkungan hidup masyarakat Provinsi Riau” ujar Fandi.

PDLH-V juga menghasilkan beberapa agenda kerja secara umum yang akan direalisasikan pada periode selanjutnya. Beberapa agenda kerja tersebut antara lain adalah mendorong penegakan hukum terhadap korporasi dan pemodal yang dalam kegiatan usahanya tidak ramah lingkungan bahkan merusak lingkungan hidup serta mendorong pengakuan model kelola rakyat yang berkeadilan, demokratis dan berkelanjutan dan mendorong pemerintah Provinsi Riau untuk segera merealisasikan kebijakan pemerintah pusat terkait perhutanan sosial ataupun redistribusi tanah dengan skema Tora di Provinsi Riau.

Riko mengungkapkan bahwa dengan kembali menjadi pimpinan di WALHI Riau, dirinya memiliki tugas sekaligus tanggungjawab untuk membawa organisasi ini lebih baik dari periode yang ia jalankan sebelumya, baik dalam hal internal kelembagaan maupun eksternal terkait dengan kerja-kerja Eksekutif Daerah WALHI Riau. “Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh direktur dan pimpinan lembaga anggota WALHI Riau yang kembali mempercayakan tampuk kepemimpinan kepada saya. Selama empat tahun kedepan tentunya saya memiliki tanggungjawab untuk menjalankan program kerja yang secara umum yang telah dihasilkan pada PDLH-V hari ini, untuk itu saya beserta Eksekutif Daerah WALHI Riau berharap kepada lembaga anggota hingga masyarakat Riau agar senantiasa memberikan dukungan, kritik serta saran yang membangun WALHI Riau kearah yang lebih baik. Sekali lagi saya Riko Kurniawan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas amanah ini” tutup Riko.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *